Tugas Presentasi

Mata Kuliah

      ” SISTEM INFORMASI MANAGEMENT”

 

 

549293_450258898480266_1097414169587153512_n.jpg

 

Disusun Oleh : Kelompok 2

Deuis Siti Aminah   60202150281
Praptiwi Eka Putri  60202150186
Yenny Ratna Sari K 60202150225

Tema : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Dosen: Asep Jalaludin

SEKOLAH TINGGI EKONOMI DAN BISNIS
GLOBAL MULIA

CIKARANG

KATA PENGANTAR

        Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Asep Jalaludin,ST,MM selaku Dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen yang telah memberikan tugas ini kepada kami.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.

Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Sistem Informasi Akuntansi —adalah sebuah istem  informasi  yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi

Sedangkan menurut para ahli Sistem Informasi Akuntansi memiliki dua pengertian yang berbeda, yaitu:

Menurut Widjajanto (2002), Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang bersifat menyeluruh, bertujuan untuk menyajikan berbagai informasi yang jauh lebih luas daripada informasi akuntansi yang bersifat historis.

 

Mulyadi (2008) mengatakan bahwa suatu sistem informasi akuntasi merupakan suatu bentuk sistem informasi yang memiliki tujuan untuk menyediakan informasi bagi pengelola kegiatan usaha, memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada sebelumnya, memperbaiki pengendalian akuntasi dan juga pengecekan internal, serta membantu memperbaiki biaya klerikal dalam pemeliharaan catatan akuntansi.

Sistem Informasi Akuntansi biasanya di gunakan untuk kegiatan usaha atau untuk menyajikan data yang berkaitan dengan akuntansi atau keuangan. Ini adalah fungsi penting yang di bentuk Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada organisasi:

  1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  2. Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses        pengambilan keputusan.
  3. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi

Tujuan di bentuknya Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yaitu:

  1. Untuk mendukung operasi-operasi sehari-hari (to Support the day to day    operations)
  2. Mendukung pengambilan keputusan manajemen (to support decision making by internal decision makers).
  3. Untuk memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung-jawaban (to fulfill obligations relating to stewardship)

Bagi seseorang yang baru terjun di dunia usaha, masalah akuntansi ini tidak boleh diabaikan. Akuntansi mengatur dan meringkas suatu informasi ekonomi sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat keputusan.

Untuk mempermudah pencatatan keuangan, saat ini sudah banyak pilihan Software Akuntansi. Dengan demikian pencatatan dapat dilakukan dengan tertib, efisien, dan sederhana. Dan dibawah ini adalah beberapa manfaat dari Sistem Informasi Akuntansi:

  • —Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
  • —Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
  • —Meningkatkan efisiensi
  • —Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
  • —Meningkatkan sharing knowledge
  • —Menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

Dalam Sistem Informasi Akuntansi ada dua pemakai yaitu:

  1. Pihak ekstern
  • —Para langganan
  • —Para leveransir (supplier)
  • —Para pemegang saham (stockholder)
  • —Para pegawai
  • Para pemberi pinjaman
  • Instansi Pemerintah

Pihak Intern SIA menyiapkan informasi bagi manajemen dengan melaksanakan operasi-operasi tertentu atas semua data sumber yang diterimanya dan juga mempengaruhi hubungan organisasi perusahaan dengan lingkungan

Karakteristik SIA

Karakteristik SIA yang membedakan dengan subsistem CBIS yang lain :

  • —SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
  • —Berpegang pada prosedur yang relatif standar
  • —Menangani data rinci
  • —Berfokus historis
  • Menyediakan informasi pemecaha

Subsistem SIA:

Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksinonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan. SIA terdiri dari 3 subsistem:

1.Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.

2.Sistem buku besar/ pelaporan keuangan
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.

3.Sistem pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.

Perbedaan SIA dan SIM

  • —SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan sedang
  • SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan

Contoh SIA:

  • —Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaran produksi perusahaan, untuk itu bagian tersebut meminta laporan analisa perkiraan keuntungan yang dapat diperoleh dari usulan produk baru tersebut

—

  • —Bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungan dengan produk tersebut, kemudian data yang diperoleh diproses oleh EDP. Setelah diproses hasilnya dikembalikan ke bagian SIA untuk kemudian diberikan ke bagian pemasaran

Kesimpulan

  • Sitem Informasi Keuangan di gunakan untuk menginformasikan sebuah sistem keuangan
  • Mempermudah menyimpan sebuah historis data akuntansi

 

 

 

 

Tinggalkan komentar